Minggu, 08 Januari 2012

Liverpool Kembali Tersangkut Kasus Rasisme


Liverpool - Usai Luis Suarez, Liverpool kembali diterpa kasus dugaan rasisme. Kali ini dilakukan pendukung The Reds terhadap pemain Oldham, Tom Adeyemi dalam laga babak ketiga Piala FA, di Anfield pada dinihari tadi.

Seperti diwartakan Daily Mail dan Guardian insiden tersebut terjadi pada 10 menit menjelang akhir pertandingan. Laga itu sendiri dimenangkan oleh Liverpool dengan skor telak 5-1.

Polisi langsung melakukan investigasi terhadap insiden setelah pemain berusia 20 tahun itu terlibat pertengkaran dengan seorang pendukung yang duduk di The Kop.

Atas hinaan yang diterimanya, Adeyemi yang merupakan pemain pinjaman dari Norwich City, amat terpukul bahkan hampir menangis sehingga Steven Gerrard harus menenangkannya.

Tidak lama kemudian, Adeyemi membuat laporan resmi terkait kejadian ini kepada kepolisian. Sejumlah saksi mata juga memberikan keterangannya dan mengklaim bahwa si pemain menjadi target tindakan rasisme.

Beberapa polisi kemudian menuju area di mana insiden itu diduga terjadi, namun meski telah menayai sejumlah pihak terkait, polisi tidak melakukan penangkapan.

"Polisi Merseyside bisa mengumumkan kalau tidak ada penangkapan pada malam ini (Jumat, 6 Januari) atas dugaan tindakan rasisme dalam pertandingan Piala FA di Anfield."

"Tapi polisi dan Liverpool sedang melakukan penyelidikan terkait kejadian yang terjadi di babak kedua pertandingan. Tujuannya untuk menetapkan keadaan guna memastikan tindakan apa yang harus dilakukan."

Kubu Liverpool membenarkan kejadian ini dan akan melakukan investigasi. "Sebuah insiden terjadi di babak kedua yang kini sedang diinvestigasi oleh klub dan kepolisian. Kami akan melanjutkannya dengan kepolisian untuk menetapkan rincian kejadian dan akan membuat pernyataan lebih lanjut pada waktunya."

Adeyemi tak dapat menemui media pasca pertandingan. Namun, seorang pria saksi mata yang memberikan keterangannya kepada Liverpool dan polisi menceritakan apa yang dilihatnya.

Ia mengaku menyaksikan dua orang suporter yang memakai baju Suarez, mirip dengan yang dipakai para pemain Liverpool saat melawan Wigan bulan lalu, berselisih dengan Adeyemi.

"Saya berada di sebelah kanan the Kop dan nomor 11 (Adeyemi) berbalik setelah menerima tekel. Saya mendengar sebuah suara bernada pelecehan rasial, 'You f****** black b******' . Si pemain memperlihatkan keterkejutan di wajahnya sambil menunjukkan ke arah suara itu datang," ungkap dia dikutip Guardian.

Kasus rasisme terakhir merupakan kejadian kedua setelah tindakan Suarez terhadap bek Manchester United, Patrice Evra. FA memvonis Suarez bersalah dan dihukum skorsing delapan laga serta denda 40 ribu poundsterling.

Akan tetapi, kasus yang menimpa Adeyemi tersebut masih sebatas dugaan yang tentunya butuh pembuktian. Namun, apabila terbukti tentunya ini akan menjadi pukulan telak buat kubu Liverpool.
Sumber : http://www.detiksport.com/sepakbola/read/2012/01/07/111355/1809271/72/liverpool-kembali-tersangkut-kasus-rasisme

0 komentar: