Fungsi manajemen
pemasaran meliputi riset konsumen, pengembangan produk,
komunikasi-promosi, distribusi, penetapan harga dan pemberian service.
Semua kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui, melayani, memenuhi dan memuaskan
kebutuhan konsumen.
Strategi Pemasaran
Hellriegel D &Slocum JW
mengemukakan 2 jenis strategi pemasaran.
1. Market penetration strategy,
yang berupaya untuk meningkatkan pemasaran pada
pasar yang sekarang ada melalui produk yang sekarang telah ada pula. Kegiatan
yang dilakukan meliputiupaya meningkatkan jumlah
pembelian dari produk, mencoba menarik konsumen yang sekarang menggunakan
produk dari kompetitor/pesaing atau malahan sekaligus membeli kompetitor
tersebut.
2. Market development strategy
yaitu upaya mencari pasar baru dari produk yang sudah ada. Tiga kegiatan utama
mencari pasar baru ini adalah menemukan pasar secara
geografis (contoh : buka cabang di daerah lain), menemukan target market baru
(contoh : video yang tadinya untuk presentasi ilmiah kemudian dipasarkan untuk
hiburan dalam rumah tangga) serta menemukanpenggunaan baru dari
produk yang ada (misalnya mobil niaga diubah menjadi mobil keluarga).
Konsep Pemasaran Inti
1. Pasar sasaran dan segmentasi
2. Tempat pasar, ruang
pasar, dan metamarket
3. Pemasar dan calon pelanggan
4. Kebutuhan, keinginan, dan permintaan
5. Produk, tawaran, dan merek
6. Nilai dan kepuasan
7. Pertukaran dan transaksi
8. Relasional dan jaringan kerja
9. Saluran pemasaran
10. Rantai pasokan
11. Persaingan
12. Lingkungan pemasaran
13. Program pemasaran
Berubahnya Praktik Pemasaran
dengan Internet
(internet marketing)
Munculnya internet telah sangat
meningkatkan kemampuan perusahaan menjalankan bisnis dengan lebih cepat, lebih
akurat, mencakup kisaran waktu dan ruang yang lebih luas, dengan biaya yang
lebih sedikit, dan dengan kemampuan menyesuaikan tawaran
dengan kebutuhan pelanggan dan membuat tawaran menjadi lebih pribadi. Banyak
sekali perusahaan yang telah menciptakan situs web untuk menginformasikan dan
mempromosikan produk dan layanan mereka.
Pers populer telah memberikan perhatian yang
besar pada situs web konsumen. Pada tahun 2000, lebih dari 106 juta orang
Amerika masuk online, dengan 80 persen mencari informasi, 73 persen mencari
produk atau jasa sebelum membelinya, 68 persen mencari informasi perjalanan,
dan 65 persen mencari informasi tentang film, buku, dan kegiatan waktu luang.
Dari data tersebut, terlihat
internet memang tempat menjadi pemasaran produk dan
jasa yang paling menjanjikan saat ini. Karena jangkauan yang luas, ke seluruh
dunia. Selain itu juga karena pasarnya yang tertarget dan sistem
otomatisasinya, membuat pemasaran jadi lebih efektif dan efisien dari segi
biaya, waktu dan tenaga. Sebenarnya masih banyak lagi kelebihan-kelebihan dalam
memasarkan suatu bisnis melalui internet.
Sumber :
http://www.manajemenn.web.id/2011/04/fungsi-manajemen-pemasaran.html
0 komentar:
Posting Komentar